Langkah Langkah Membuat Database Dengan Tabel Menggunakan Unique Key, Primary Key, Auto Increment, Unsigned Zerofil, Dan Default

2.1. Study Kasus

Pada praktikum kali ini, praktikan akan membuat sebuah database dengan beberapa tabel yang ada di dalamnya. Dimana Pada praktikum kali ini praktikan akan membuat 1 database , yang memiliki 3 tabel dimana pada tabel yang pertama menggunakan bentuk Unique key, sedangkan pada tabel yang kedua menggunkan bentuk primary key, auto increment dan unsigned zerofil, dan tabel yang ketiga menggunakan bentuk primary key, unsigned zerofil dan default.

2.2 Langkah Kerja

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan praktikan dalam membuat database  tersebut dengan mengaplikasikan pada program MySQL:

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah membuka program/aplikasinya dengan cara Klik Star       ketik  “MySQL” pada search programs and files  “OK.

 

Gambar 2.1. Membuka Aplikasi MySQL

  1. Setelah membuka aplikasinya, maka akan muncul lembar kerja program yang akan digunakan untuk membuat database seperti Gambar 2.2 berikut ini.

Gambar 2.2. Lembar Kerja Awal MySQL

 

  1. Langkah awal untuk membuat database yaitu dengan perintah “create database hospital (nama database);”.

Gambar 2.3.  Membuat Database

 

  1. Selanjutnya untuk menampilkan daftar database yang telah tersimpan dalam server MySQL, gunakan perintah “show databases;”.

Gambar 2.4. Menampilkan Daftar Database

  1. Untuk menggunakan salah satu database yang diinginkan, gunakan perintah use diikuti nama database-nya. Misalnya “use hospital”

Gambar 2.5. Memilih Database

 

  1. Selanjutnya, buat sebuah tabel dengan perintah “create table“ diikuti dengan nama tabel yang diinginkan dan nama setiap field yang akan digunakan pada tabel tersebut serta masing-masing atributnya. Tabel yang akan dibuat pertama adalah tabel dengan nama “dokter”. Dimana pada tabel yang pertama akan menggunakan perintah unique atau kolom unik.

Gambar 2.6. Membuat Tabel Dokter

 

  1. Tabel yang akan dibuat kedua adalah tabel dengan nama “pasien”. Pembuatan tabel pasien sama seperti menbuat tabel dokter. Namun perbedaannya pada tabel yang kedua akan menggunakan perintah primary key, auto increment dan unsigned zerofill. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2.7. Menampilkan Tabel Pasien

 

  1. Selanjutnya tabel yang akan dibuat ketiga adalah tabel dengan nama “obat”. Pembuatan tabel obat berbeda dengan yang tabel 1 dan 2 yakni pada tabel ketiga akan menggunakan perintah  primary key, unsigned zerofill dan default. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2.8. Menampilkan Tabel Obat

  1. Setelah membuat tabel, kemudian tampilkan tabel dengan perintah “show tables;”

 

Gambar 2.9. Menampilkan Daftar Tabel Yang Tersimpan

 

  1. Selanjutnya yaitu deskripsikan tabel, gunakan perintah “desc diikuti nama tabelnya. Contohnya saja jika dokter maka ditulis “desc dokter”. Begitu juga dengan tabel pasien dan tabel obat.

Gambar 2.10. Menampilkan  Kolom Tabel

 

 

  1. Setelah membuat tabel seperti diatas maka langkah selanjutnya, praktikan dapat mengisi tabel tersebut dengan menggunakan perintah “insert into database”, yaitu dengan nama database yang ingin diisi. Misalkan dengan menggunakan contoh obat Seperti gambar dibawah ini.

 

 

Gambar 2.11. Mengisi Daftar Kolom Tabel

 

  1. Terakhir, untuk menampilakn tabel yang sudah di isi seperti cara diatas, maka untuk menampilkan bentuk tabelnya yakni dengan menuliskan perintah “select*from database”, atau menuliskan nama database. Seperti gambar dibawah ini;

Gambar 2.12. Menampilkan Daftar Kolom Tabel Dokter

 

Gambar 2.13. Menampilkan Daftar Kolom Tabel Pasien

 

Gambar 2.14. Menampilkan Daftar Kolom Tabel Obat

lengkapnya anda bisa donwload dengan mengklik link dibawah ini

DONWLOAD FILE

One thought on “Langkah Langkah Membuat Database Dengan Tabel Menggunakan Unique Key, Primary Key, Auto Increment, Unsigned Zerofil, Dan Default

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.